Full width home advertisement

Python Eveywhere

Learning Programming

Post Page Advertisement [Top]




A.    Pengenalan Python
Python adalah bahasa pemrograman interpretatif multiguna. Bahasa yang digunakan tidak terlalu sulit sehingga mudah dimengerti oleh pemula, terutama bagi mereka yang memiliki kemampuan bahasa inggris yang baik.
Python dirilis untuk pertama kalinya pada tahun 1991 oleh Guido Van Rossum, seorang ilmuwan komputer Belanda dan juga seorang matematikawan. Sampai saat ini, Python masih dikembangkan oleh Python Software Foundation. Python lebih menekankan pada aspek keterbacaan kode sehingga lebih mudah untuk memahami sintaks program yang ada. Oleh karena itu Python mudah dipelajari baik untuk yang baru mengenal bahasa pemrograman maupun yang telah menguasai bahasa pemrograman lain.
Dengan Python, kita dapat membangun Machine Learning, Artificial Intelegence, Web Applications, Automatin Utilities, dan lain-lain.
B.     Instalasi Python
Untuk dapat menjalankan Python, anda harus memasang interpreter dari Python. Interpreter ini yang akan menginterpretasikan source code program yang anda buat agar dapat dieksekusi oleh komputer. Saat ini Python memiliki 2 versi yang berbeda, yaitu Python 2.x.x dan Python 3.x.x.
Python3 merupakan versi terbaru dari Python yang akan menjadi tonggak masa depan untuk para programmer yang terbiasa menggunakan Python. Saat ini Python2 masih dikelola dan dikembangkan namun Python3 terus digalakkan dan dipromosikan karena akan tiba waktunya bahwa Python2 tidak akan didukung lagi pengembangannya. Python3 lazimnya sama dengan Python2 hanya saja ada beberapa perbedaan sintaks dan standard library yang lebih banyak.
Untuk menginstall Python di windows sangat mudah. Ikuti langkah dibawah ini.
1. Buka laman https://python.org/downloads lalu unduh versi terbaru.

2. Selanjutnya jalankan file yang sudah di download dan ikuti langkah instalasinya. Pada bagian awal, jangan lupa centang Add Python 3.x to PATH.

3. Tunggu hingga selesai, maka tahap instalasi Python pun selesai.


C.     Teks Editor
Sebelumnya, mari kita asumsikan bahwa anda baru pertama kali mempelajari pemrograman. Dalam pemrograman, kita akan mengenal yang namanya teks editor. Teks editor sederhananya adalah tempat kita menulis programnya. Teks editor dapat dikatakan sebagai alat tempur kita dalam melakukan programming.
Python sendiri memiliki teks editor yaitu IDLE. Jika anda menggunakan sistem operasi Windows, maka anda bisa search IDLE pada menu windows. Tapi saran saya sendiri, untuk belajar dari awal jangan menggunakan IDLE, karena ada banyak teks editor lainnya. Salah satunya yang cukup populer sekarang adalah Visual Studio dari Microsoft. Ada juga Sublime Text, Notepad++, Atom, Pycharm dan masih banyak lagi.

Baca Selanjutnya : Tipe Data

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib