Full width home advertisement

Python Eveywhere

Learning Programming

Post Page Advertisement [Top]

Social MediaTelegramTutorials

Cara Membuat Sticker Telegram


Halo halo halo semuanya 👋
Pada artikel kali ini, saya akan memberikan sebuah tutorial membuat stiker untuk telegram. Apa sih telegram itu? Mungkin itu yang terlintas dipikiran kalian yang iseng membuka artikel ini hehe kalo ada sih :v. Tapi saya rasa kalian sudah tau apa telegram hehe. Jadi haruskah saya jelaskan apa itu telegram?
elegram adalah sebuah sosial media yang dikembangkan oleh Telegram Messenger LLP dan didukung oleh wirausahawan Rusia Pavel Durov. Para pengguna dapat bertukar pesan, foto, video, stiker, audio dan tipe berkas lainnya. Telegram juga menyediakan pengiriman pesan End to End Encryption yang bersifat opsional.

 Telegram tersedia untuk Android, iOS, Windows Phone, Ubuntu Touch (Smartphone) dan Windows, OS X, Linux (PC). Kenapa menggunakan telegram? Untuk pendapat saya pribadi, saya lebih nyaman menggunakan telegram dibanding whatsapp. Salah satunya karena pada fitur forwardnya, kita mengetahui siapa pengirim chat pertamanya. Dan juga untuk pengiriman foto dan videonya tidak di convert sehingga kualitasnya tetap terjaga.
Nah, saya adalah salah satu pengguna telegram. Saya mengenal telegram karena saya bekerja menggunakan telegram hehe :v. Walau saya sudah berhenti bekerja pun, saya masih merasa nyaman menggunakan telegram. Sampai pada saatnya timbul pertanyaan di benak saya "kalau whatsapp bisa buat stiker sendiri, apakah telegram juga bisa?"
Lalu saya mencari tau cara membuat stiker untuk telegram dan ternyata itu tidaklah sulit. Tapi sebelumnya kita harus mengetahui bahwa ada beberapa persyaratan dalam pembuatan stiker telegram yaitu:

  1. Harus dalam format PNG
  2. Memiliki rasio 1:1
  3. Ukuran maksimal 512px
Tidak seperti pada saat kita membuat sticker whatsapp, kali ini kita tidak memerlukan aplikasi Personal Stickers for Whatsapp, jadi kita hanya menggunakan 2 aplikasi lainnya saja.

  1. Pertama, kita hapus juga background foto yang akan di jadikan sticker, ini bersifat opsional jadi tidak diharuskan
  2. Lalu, buka aplikasi Add Text, setelah itu pilih menu background yang transparent

  3. Setelah itu, maka ubah saja ukuran gambar menjadi 512x512 px.
  4. Maka tampilannya akan menjadi seperti dibawah ini, lalu pilih tombol Add Picture dan pilih foto yang akan kita gunakan untuk stiker
  5. Sekarang tinggal kita sesuaikan saja ukurannya dan jika teman-teman mau bisa juga kita tambahkan teksnya di tombol Add Text dibawah
  6. Setelah itu tinggal kita save dengan format PNG
  7. Nah sekarang tinggal kita buka telegram dan cari bot Stickers. Pilih yang paling atas saja

  8. Lalu kita klik START saja

  9. Setelah itu kita  ketikkan perintah /newpack untuk menambahkan pack stiker baru maka dia akan meminta kita memberikan nama untuk pack tersebut
  10. Lalu kita upload foto yang akan kita gunakan sebagai stiker malalui tombol file dibawah ini
  11. Setelah upload foto, maka bot akan meminta kita untuk memberikan emoji yang melambangkan stiker tersebut
  12. Nah, skarang ketikkan perintah /publish setelah itu bot akan meminta kita mengirimkan foto sebagai icon pada sticker pack kita, tapi jika kita ketikkan perintah /skip maka bot akan secara otomatis menjadikan foto yang pertama sebagai icon sticker pack kita
  13. Nah sekarang tinggal kita berikan nama pendek stiker kita untuk diletakkan pada link agar bisa kita gunakan
  14. Lalu, klik link tersebut dan pilih Add Sticker maka stiker sudah bisa anda gunakan
Sekarang kalian bisa mengirim stiker pada teman kalian hehe, hanya itu yang bisa saya sampaikan
Terima Kasih telah berkunjung, dan jangan lupa komentar ya guys hehe

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib